Umpan Ikan Nila – Ikan nila merupakan salah satu ikan air tawar yang menjadi incaran bagi para penghobi mancing. selain memiliki daging yang gurih dan lezat, umpan untuk ikan nila juga cukup mudah untuk didapatkan.

Sehingga bagi para penghobi mancing yang tak ingin telalu repot untuk meracik umpan. Cukup dengan umpan umpan yang tersedia di alam.

Nah pada kesempatan kali jawatani akan berbagi sedikit tips dalam menyediakan umpan yang pas sebelum mancing ikan nila. Sebagai Berikut :

Umpan Cacing Tanah

Cacing tanah adalah salah satu umpan untuk ikan nila yang bisa sangat mudah kita dapatkan, cacing tanah biasanya banyak tersedia di tanah tanah sekitar perkebunan mapun perkarangan rumah anda.

Di mana biasanya tempat tempat cacing ini bisa kita dapatkan tanah yang terlihat permukaan nya cukup lembab dan basah. Dan juga terkadang banyak terlihat kotoran cacing seperti lumpur yang menggumpal di atas permukaan tanah.

Gunakan cacing tanah dengan menusukkan seluruh tubuh cacing hingga seluruh mata kail tertutup penuh oleh cacing, bila perlu sisakan sedikit beberapa bagian tubuh cacing agar terlihat menggelihat untuk menarik perhatian ikan.

Lumut Sawah

Lumut sawah merupakan umpat yang cukup favorit bagi para penghobi pemancing ikan nila. selain mudah untuk di dapatkan lumut juga tak memiliki bau amis maupun bau busuk tak seperti umpan cacing yang pada dasarnya tak semua orang yang geli maupun jijil untuk memegangnya.

Lumut sawah biasanya tersedia banyak di area persawahan yang tergenang oleh air, dan terkadang lumut sawah juga banyak ada pada parit parit dangkal di sekitar persawahan.

Lumut ini tampak seperti benang kusut yang mengapung pada permukaan air yang dangkal, berwarna hijau, dan sangat lembut seperti lendir.

Ada pula cara memasang lumut ini pada mata kail, dengan mencelupkan mata kail pada tumpukan lumut yang sebelumnya sudah di masukkan ke dalam wadah seperti ember kecil kemudian lakukan beberapa putaran agar lumut berbelit pada mata kail.

Umpan Pelet Campur Terasi

Menggunakan campuran pelet dan terasi sebagai umpan juga tak kalah lebih baik dari beberapa umpan lain untuk mancing ikan nila.

Karena pada dasarnya jika memancing di spot khusus jasa pemancingan, biasanya ikan ikan yang digunakan oleh pemilik jasa pemancingan merupakan ikan-ikan peliharaan yang di beri makan pelet.

Sehingga racikan umpan pelet dan terasi merupakan umpan cukup jitu untuk beberapa spot tertentu.

Untuk menggunakannya, siapkan sedikit air yang mendidih lalu campurkan terasi dengan air mendidih tersebut tujuanya untuk melemburkan terasi, jika terasi yang di gunakan memiliki terasi dan pelet yang terlalu padat.

Kemudian masukkan pelet dengan takaran 1kg : 1gram terasi. Aduk dengan tambahan air hingga menjadi seperti tanah liat.

Penggunaan umpan dapat menyesuaikan ukuran mata kail yang digunakan, dan Selamat Mencoba.

Kesimpulan Umpan Jitu Untuk Ikan Nila

Gunakan essen umpan ikan nila jika perlu, untuk memperkuat atau menyebarkan aroma umpan agar menarik perhatian sang ikan, lakukan dengan berbagai percobaan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin di tanyakan.

About the author

Pak Sapto

Tinggalkan Balasan