Cara Menanam

Prospek Budidaya Kacang Tanah

Prospek Budidaya ~ Kacang tanah dengan nama latin Arachis Hypogeae L. merupakan salah satu tanaman palawija yang di sukai mastarakat karena rasanya enak dan banyak manfaatnya.

Kacang tanah memiliki rasa gurih dan sering di jadikan makanan cemilan (snack), baik berupa kacang rebus, kacang goreng maupun campuran sayur asem/lodeh.

Selain itu banyak produk olahan yang lain dengan bahan baku kacang tanah, seperti kacang atom, permen, bumbu kacang, dan mentega.

Kacang tanah juga bisa di manfaatkan sebagai bahan baku industri dan pakan ternak. Tidak mengherankan jika kebutuhan masyarakat dalam negeri terhadap kacang tanah belum terpenuhi.

Menurut direktorat budidaya aneka kacang tanah dan umbi-umbian, kebutuhan terhadap kacang tanah terus meningkat rata-rata 900.000 ton/tahun, sedangkan produksi terhadap kacang tanah di indonesia sendiri rata-rata 771.022 ton/tahun. Dengan volume impor rata-rata 163.745 ton/tahun.

Berdasarkan data di atas, produksi kacang tanah dalam negeri masih mempunyai peluang pasar yang besar. Peningkatan produksi ini dapat di lakukan dengan cara meningkatkan produktivitas dan memperluas lahan penanaman.

Produktivitas kacang tanah rata-rata nasional masih sekitar 1,18 ton/ha, sedangkan hasil rata-rata laboratorium penelitian bisa mencapai 2,0 ton/ha.

Dengan demikian, masih ada peluang bisnis besar bagi petani untuk meningkatkan produktivitas kacang tanah di indonesia sehingga di peroleh hasil yang maksimal.

Mengenal Tanaman Kacang Tanah

Kacang tanah kaya akan kandungan gizi, antara lain lemak, protein, zat besi, Vitamin E dan kalsium, Vitamin B kompleks dan fosforus, Vitamin A dan K, lestin serta kolin.

Kacang tanah juga mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit. Zat fitosterol dalam kacang tanah dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Apabila mengonsumsi 1 ons kacang tanah 5 kali dalam seminggu dapat mencegah penyakit jantung. Manfaat lain kacang tanah yaitu mampu meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

Baca Juga : Cara Menanam Kacang Tanah (Budidaya)

Tanaman palawija ini juga mengandung arginin yang dapat merangsang tubuh yang memproduksi oksida nitrat yang berfungsi melawan bakteri tuberkulosis.

Meskipun kacang tanah mengandung gizi yang baik untuk di konsumsi, ada juga sebagian orang yang di larang untuk mengonsumsinya.

Yaitu mereka-mereka yang mengidap penyakit kanker payudara sangat di larang untuk mengonsumsi kacang tanah. Kacang tanah juga di sarankan tidak di konsumsi bagi orang yang mempunyai masalah jerawat.

Sejarah Singkat Tentang Kacang Tanah

Menuut sejarah, kacang tanah berasal dari benua amerika, tepatnya negara brazil, Amerika selatan. Penamaan kacang tanah pertama kalidi lakukan oleh orang indian. Penamaan kacang tanah di benua amerika, kemudia di kembangkan oleh pendatang dari eropa.

Saat ini kacang tanah telah menyebar keseluruh dunia, terutama yang berwilayah beriklim tropis atau subtropis, termasuk indonesia. Kacang tanah masuk ke indonesia di perkirakan pada abad XVII di bawa oleh pedagang-pedagang Spanyol, Cina atau protugis ketika melakukan pelayaran dari meksiko ke maluku setelah 1597.

Pada 1863 Holle membawa kacang tanah dari inggris, sedangkan 1864 Scheffer membawa kacang tanah dari mesir. Republik rakyat cina dan india merupakan penghasil kacang tanah terbesar di dunia. pusat penanaman kacang tanah di indonesia terdapat di provinsi jawa timur, jawa tengah, yogyakarta, jawa barat, dan sulawesi selatan.

Klasifikasi Tanaman Kacang Tanah

Dalam taksonomi tumbuhan tanaman kacang tanah dapat di klasifikasika sebagai berikut :

Kingdom  : Plantae atau tumbuh-tumbuhan

Divisio  : Spermatophyta atau tumbuhan berbiji

Subdividisio  : Angiospermae atau berbiji tertutup

Kelas  : Dicotylodoneae atau berbiji berkeping dua

Ordo  : Leguminales

Famili  : Papillionaceae

Genus  : Arachis

Spesies  : Arachis hypogeae L.

Bedasarkan tipe pertumbuhanya,kacang tanah kacang tanah yang ada di indonesia dapat di bagi menjadi 2 tipe sebagai berikut :

Tipe Tegak

Bentuk tanaman kacang tipe ini tumbuh lurus atau sedikit miring ke atas, sedangkan buahnya terdapat pada ruas-ruas dekat rumpun. Kacang tanah tipe tegak pada umumnya berumur pendek (Ganjah) dan buahnya masak serempak.

Tipe Manjar

Bentuk tanaman kacang tanah jenis ini tmbuh ke arah samping dengan batang berukuran panjang. Buahnya terdapt pada ruas-ruas yang berdekatan dengan tanah dan umurnya beumur panjang. Berdasarkan umumnya kacang tanah dapat di bedakan menjadi 2 sebagaiberikut :

1. Berumur Panjang

Batang tanaman kacang tanaj ini memanjang, mempunyai banyak buah, dan setiap buah berisi 3-4 biji. Umur tanaman berkisar 6-7 bulan dan saat masak buahnya tidak serempak.

2. Berumur Pendek

Bentuk pertumbuhan kacang jenis ini tegak, berbatang pendek, dan berumur genjah 3-4 bulan. Kacang Tanah mempunyai banyka varietas daengan karakteristik berbeda-beda. Varietas unggul yang di budidayakan para petani biasanya bertipe tegak dan berumur pendek

Varietas yang sedang di kembangkan adalh varietas unggul baru (VUB)  yang lebih toleran terhadap serangan penyakit, berumur genjah (pendek). Dan mempunyai potensi hasil yang lebih tinggi.

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Tanah

Syarat tumbuh untuk sebuah tanaman adalah di mana sebuah tanaman hanya bisa tumbuh dengan kondisi-kondisi tertentu, baik itu dari segi cuca, iklim, dan kondisi tanah. Begitu juga dengan tanaman kacang tanah, berikut  2 syarat tumbuh untuk tanaman kacang tanah :

Iklim

Iklim sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang tanh,terutama suhu udara, curah hujan, dan kelembapan, Suhu udara ideal untuk pertumbuhan kacang tanh , yaitu 25-32 °C. Suhu udara di bawah 10°C menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat, bahkan kerdil, Selain itu suhu yang rendah dapat menyebabkan pertumbuhan bunga kurang sempurna.

Curah hujan yang sesuai untuk kacang tanah 800-1.300 mm/tahun. Hujan yang terlalu deras dapat menyebabkan bunga rontok dan proses penyerbukan terganggu. Selain itu hujan yang terus menerus akan meningkatkan kelembapan di sel]kitar pertanaman kacang tnah sehingga kacang tanah mudah terserang hama dan penyakit,

Kelmbapan udara untuk tanaman kacang tanah  65-75%. Tanaman kacang tanah cocok di tempat yang terbuka yang dapat di sinari matahari penuh.

Jenis Tanah

Jenis tanah yang sesuai untuk tanaman kacang tanah, yaitu tanah ge,bur betekstur ringan dam subur, seperti tanah regosol, andosol, latosol, dan aluvial. Derajat keasaman (pH) tanah yang sesuai untuk bududaya kacang tanah 6,0-6,5.

Tanaman kacang tanah dapat tumbuh optomal di tanah yang memiliki drainase dan erasi yang baik. Tempat yang baik dan ideal untuk tanaman kacang tanah pada ketinggian 500 mdpl.