Peluang Usaha Budidaya Kacang Hijau

Peluang Usaha Budidaya – Kacang hijau sebagai bahan pangan sumber protein nabati sudah sangat populer di dalam kehidupan manusia sehari-hari. Di Indonesia, kacang hijau merupakan komoditas kacang-kacangan yang penting setelah kacang kedelai dan kacang tanah.

Kacang hijau memiliki bermacam-macam manfaat di dalam kehidupan manusia, antara lain sebagai bahan makanan manusia, untuk pengobatan (terapi), dan untuk bahan pakan ternak.

Sedangkan kegunaan kacang hijau adalah dapat diolah menjadi bermacam-macam produk makanan yang lebih sempurna. Kapasitasnya sebagai bahan pangan yang penting, maka peningkatan produksi kacang hijau perlu terus ditingkatkan agar kebutuhan pangan (kacang hijau) yang terus meningkat dapat dicukupi.

Peluang Usaha Budidaya Kacang Hijau

Peluang Usaha – Kacang hijau merupakan bahan makanan sumber protein nabati yang murah. Peranan komoditas kacang hijau sebagai bahan makanan, bahan baku industri, dan bahan pakan ternak cukup besar dalam mencukupi kebutuhan protein, sementara produksi protein hewani belum mencukupi, maka kebutuhan protein yang diperlukan masyarakat setiap harinya dapat dipenuhi dari kacang hijau.

Serapan pasar kacang hijau dapat juga dilihat dari semakin beragamnya penggunaan kacang hijau untuk produk yang lebih sempurna, pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat, dan berkembangnya usaha peternakan unggas maupun usaha perikanan, industri makanan, dan industri kimia.

Sehingga dengan demikian, semakin beragamnya penggunaan kacang hijau sebagai bahan makanan akan meningkatkan permintaan kacang hijau.

Jumlah penduduk yang terus meningkat akan meningkatkan kebutuhan kacang hijau di pasaran. Demikian pula dengan berkembangnya usaha peternakan unggas maupun usaha perikanan. industri makanan dan industri kimia. juga akan meningkatkan permintaan kacang hijau di pasaran.

Baca Juga : Cara Menanam Kacang Hijau Dari Perawatan Hingga Panen

Manfaat dan Kegunaan Kacang Hijau

Manfaat kacang hijau sebagai pandangan potensi prduksi budidaya sebagai beriku:

Bahan Makanan Manusia

Penggunaan kacang hijau untuk bahan makanan manusia harus diolah terlebih dahulu. Pengolahan kacang hijau menjadi makanan, misalnya untuk tauge, campuran pembuatan tahu, tepung kacang hijau, bubur, pembuatan mie dan kue-kue.

Kacang hijau sebagai bahan makanan manusia cukup balk dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan tubuh. karena di samping kaya protein, juga mengandung zat-zat gizi lainnya yang cukup lengkap. Kandungan gizi kacang hijau secara lengkap seperti yang disajikan pada tabel 1.

kandungan gizi kacang hijau

Tabel 1. Kandungan gizi kacang hijau dan hash olahan kacang hijau (tepung hungkue) tiap 100 g bahan yang dapat dimakan.

Protein biji kacang hijau mengandung asam amino yang cukup lengkap terdiri atas asam amino esensial (lnsoleusin, Leucin, Lysin, Methionin, Phenylatanin, Theronin, dan Vatin)dan asam amino nonesensial (Alanin, Arginin, Asam Aspartat, Asam Glutamat, Glycin, Tryptophan, dan Tyrosin).

Baca Juga : Mengenal Klasifikasi Morfologi Kacang Hijau

Sebagai Pengobatan

(Terapi) Kacang I-1 ijau sebagai bahan makanan juga berkhasiat untuk pengobatan beberapa jenis penyakit, karena kacang hijau juga mengandung zat-zat yang berkhasiat sebagai obat.

Kacang Hijau untuk pengobatan berkhasiat mencegah dan menyembuhkan penyakit beri-beri (bubur kacang hijau), antisterilitas (Taoge).

Salain itu, taoge kacang hijau dapat melancarkan buang air kecil, menghaluskan kulit wajah, menurunkan kadar gula bagi penderita kencing manis, dan menurunkan berat badan bagi penderita kegemukan (obesitas).

Bahan Pakan Ternak

Biji kacang hijau dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran pakan temak. Untuk petemakan unggas (ayam, burung puyuh, burung dara), kacang hijau sangat baik diberikan kepada unggas karena bisa meningkatkan produksi telur dan daging.

Biji kacang hijau juga baik diberikan untuk pakan burung, misalnya untuk burung perkutut, burung derkuku, dan lain sebagainya. Limbah tanaman kacang hijau yang berupa batang beserta daun-daunnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, misalnya untuk pakan sapi, kerbau. domba atau kambing, kelinci dan lain sebagainya.

Di Indonesia. sentra produksi kacang hijau terdapat di Serang, Karawang, Cirebon, Bandung, Cianjur, Indramayu, Sukabumi, Tasikmalaya, Subang, Bogor Pandeglang (Jawa Barat).

Banyumas, Purbalingga, Banjamegara, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Rembang, Jepara, Demak, Blora. Grobogan, Temanggung, Pemalang, Tegal, Brebes (Jawa Tengah), Mojokerto, Lamongan, Banyuwangi, Panarukan, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Malang, Magetan, Ngawi, Gresik, Madiun, Blitar, Kediri (Jawa Timur), Sumbawa, Dompu, Bima (NTB), Tabanan. Badung, Bangli, Buleleng (Bali), Gorontalo, Minahasa, Bolang Mongondow (Sulawesi Utara), Luwuk, Poso, Donggala, Bual Toli-Toli (Sulawesi Tengah), Bulukumba, Gowa, Sinjai, Bone, Maros. Soppeng, Takalar, Wajo, Luwu, Tanah Toraja (Sulawesi Selatan). Buton, Muna, Kendari, Kolaka (Sulawesi Tenggara).

Baca Juga : Syarat Tumbuh Kacang Hijau

Kesimpulan

Konsumsi kacang hijau akan terus meningkat setiap tahun seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk (2,1% setiap tahun), berkembangnya industri pengolahan yang mengolah kacang hijau menjadi berrnacam-macam produk makanan dan minyak goreng, dan berkembangnya usaha peternakan unggas maupun usaha perikanan.

Sementara itu, laju peningkatan produksi kacang hijau sampai sekarang belum mampu mengimbangi laju permintaannya, sehingga untuk mencukupi kebutuhan konsumsi kacang hijau di dalam negeri, masih harus dilakukan impor.

Dirjen Pertanian Tanaman Pangan. Departemen Pertanian memprediksikan bahwa konsumsi kacang hijau di dalam negeri (Indonesia) sampai tahun 2010 laju permintaannya belum bisa dicukupi oleh laju produksi di dalam negeri, diperkirakan pada tahun 2010 permintaan kacang hijau mencapai 2,8 juta ton.

Sementara itu, pada saat yang sama produksi kacang hijau nasional hanya mencapai 1,2 juta ton. Dengan demikian, komoditas kacang hijau masih memiliki serapan pasar yang sangat besar. Hal ini menunjukkan peluang bisnis usaha tani kacang hijau memiliki prospek yang baik.

Tinggalkan Balasan