Jarak Tanam Cabe Rawit – Atau segala macam jenis cabe lainya, Dalam menentukan jarak pada tanaman cabe merupakan salah satu hal yang harus benar-benar di perhatikan dalam budidaya cabe, di mana jika tidak tepat dalam penentuan jarak penanaman akan mengakibatkan pertubuhan yang kurang baik bagi tanaman cabai itu sendiri.

Dampak pertumbuhan yang kurang baik juga akan terjadi pada tanaman lainya bila jarak tanam tidak ideal atau terlalu rapat.

Karena setiap tanaman yang jika di tanam terlalu rapat akan saling berebutan sumber unsur hara yang ada.

Sehingga dapat meganggu pertumbuhan pada tanaman itu sendiri.

Namun jika tanaman cabe di tanam terlalu melebar, hal ini juga tidak cukup ideal karena menyangkut tidak optimalnya kebutuhan perhitungan luas lahan yang akan di gunakan.

Jarak Tanam Cabe Yang Ideal

gambar jarak jarak tanam cabe rawit

Gambar Jarak Cabe Yang Ideal

Sebenarnya saya sudah menjelaskan hal ini pada artikel atau postingan saya di jawatani.com di “Cara Menanam Cabe – Jawatani”. Silahkan ketikkan di kolom pencarian untuk lebih lanjut.

Namun karena banyak yang bertanya prihal jarak tanam ideal bagi cabe rawit ataupun jenis cabe lainnya, Nah saya akan mengulasnya  secara terpisah agar dapat memenuhi pertanyaan tersebut.

Berikut ini jawabanya…

Jarak tanam cabe pada umumnya tidak kurang dari 35cm x 40 cm (panjang x lebar). Berarti di sini anda bisa saja menanamnya dengan ukuran 50cm x 50cm ataupun hingga 70cm x 70cm.

Teragantung dengan kebutuhan dan penyesuain luas lahan untuk mendapatkan hasil panen cabai yang melimpah.

Hal ini sebenarnya terkait pada jenis akar pada tanaman, yang di mana setiap tumbuhan atau tanaman memiliki jenis jenis akar yang berbeda.

Ada akar serabut yang memiliki ciri ciri tumbuh melebar dan juga ada akar tunggang yang memiliki petumbuhan menunjang terus ke bawah.

Cabe sendiri termasuk golongan akar tunggang, walaupun begitu penentuan jarak tanam yang ideal sangat diperlukan dalam proses penanamanya Jarak tanam yang tidak ideal (terlalu rapat) juga akan terlihat ketika cabai sudah tumbuh besar.Di mana dedaunan dan cabang akan saling bersenggolan.

Baca Juga : Cara Membuat Benih Cabe Hibrida

Jarak Tanam Pada Media Tanam Polybag

Jika cabe rawit atau jenis cabe yang di budidayakan pada media polybag yang hanya perlu di perhatikan adalah jarak antar polybag sebaikanya tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh, karena jika terlalu dekat hal ini akan membuat pohon cabe akan banyak yang patah ketika sudah mulai besar karena saling bersenggolan antar tanaman.

Pada umumnya budidaya cabe di media polybag karena keterbatasan lahan yang tidak memadai, oleh sebab itu jarak yang ideal ketika budidaya cabe di lakukan menggunakan dengan media polybag kira-kira 50cm x 50cm.

Namun hala ini tidak menjadi patokan khusus, bisa saja anda menyesuaikan dengan pertumbuhan cabe itu sendiri.

Kesimpulan

Pada dasarnya setiap jenis atau varietas cabe memiliki ciri ciri pertumbuhan yang berbeda. Misalnya ada yang memiliki pertumbuhan dengan batang besar ataupun akar tunggang yang melebar.

Sehingga perhitungan atas hal ini juga perlu di perhatikan dalam menentukan jarak tanam cabe untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam postingan ini semoga dapat membantu anda dan selamat mencoba. “Terima Kasih ­čÖé

Oleh :

“Jawatani Media Iinformasi “

 

About the author

Pak Sapto

Tinggalkan Balasan