Cara Ikan Pari Berkembang Biak

cara ikan pari berkembang biak!!!

Anakan Hasil Perkembangan Biakan Ikan Pari (Ovovivipar)

Cara Ikan Pari Berkembang Biak – Ikan pari air tawar yang juga di kenal freshwater stingray (inggris), Pada saat ini belum banyak di kenala oleh masyarakat luas.

Ikan pari air tawar sendiri merupakan ikan yang memiliki prospek bisnis meyakinkan, seperti dapat di jadikan sebagai aneka kuliner yang mempunyai cita rasa yang tinggi.

Selain itu akhir-akhir ini juga banyak para pencinta ikan hias yang memiliki beberapa spesies dari ikan ini karena memiliki keunikan dan pesona tersendiri untuk di jadikan sebagai ikan hias di aquarium.

Ikan pari berkembang biak dengan cara:

Cara Ikan Pari Berkembang Biak?

Ikan pari berkembang biak dengan cara ovovivipar, dengan kata lain ikan pari berkembang biak dengan cara bertelur namun telur yang di hasilkan menetas dalam kondisi masih di dalam kandungan sang ibu.

Pada umumnya ikan pari yang di budidayakan adalah ikan pari air tawar, karena kebutuhan pasar yang belum terpenuhi.

Ikan pari terdapat hidup di perairan air tawar di berbagai penjuru dunia, terutama di perairan sungai amazon ikan ini memiliki spesies yang berbeda beda dan juga kelayakan hidup yang berbeda pula. Ada salah satu ikan pari dari beberapa spesies ikan pari air tawar yang lebih suka hiup di kedalaman yang tidak terlalu dalam dalam, dan juga sebaliknya.

Ikan pari air tawar juga terdapat di berbagai sungai air tawar asia termasuk indonesia, salah satunya di perairan air tawar kalimantan. Namun ikan ini telah terancam punah keberadaanya karena pemburuan untuk di jual kepada pencinta ikan hias, karena ikan ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Ikan pari air tawar memiliki lebih dari 35 spesies di negara yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis ikan pari yang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias.

Ikan pari air tawar ditemukan di sistem sungai di Asia Tenggara, Australia, Afrika, dan Amerika Selatan. Toko akuarium di Amerika Utara biasanya menawarkan anggota genus Potamotrygon (Family Potamotrygonidae), yang merupakan tanaman asli Amerika Selatan.

Sebagian besar spesies sinar berasal dari sistem sungai tertentu, dengan mayoritas berasal dari Sungai Amazon. Mereka hidup di berbagai habitat termasuk sungai yang berpasir bergerak lambat, tetapi mereka juga dapat ditemukan di daerah hutan banjir selama musim hujan.

Baca Juga : Budidaya Ikan Pari

Apa yang dimakan ikan pari?

Ikan pari air tawar adalah karnivora, yang sebagian besar memakan ikan dan krustasea di alam liar. Banyak penggemar makan blackworms hidup untuk mendapatkan sinar baru makan sesegera mungkin, tetapi cacing darah beku, udang mysis, udang mentah atau ikan putih (nila) dan cacing tanah hidup adalah pilihan yang lebih baik setelah sinar digunakan untuk lingkungan baru mereka.

Sinar air tawar dapat diajarkan untuk mengambil makanan dari pinset atau bahkan dari tangan Anda. Banyak sinar, terutama spesimen hasil penangkaran, juga akan memakan pelet atau makanan tablet seperti Aqueon® Tropical Granules, Tablet Pengumpan Bawah, Pelet Udang dan Pelet Cichlid.

Jenis Ikan Pari Air Tawar

  1. Potamotrygon Castexi
  2. Potamotrygon Dumerilii
  3. Potamotrygon Falkneri
  4. Potamotrygon Henlei
  5. Potamotrygon Histrix
  6. Potamotrygon Humerosa
  7. Potamotrygon Leopoldi
  8. Potamotrygon Magdalenae
  9. Potamotrygom Motoro
  10. Potamotrygon sp. Pearl Ray
  11. Potamotrygon Reticulata
  12. Potamotrygon Schroederi
  13. Potamotrygon Signata

Baca Juga : 5 Jenis Ikan Pari Air Tawar Hias

Peluang Bisnis Ikan Pari

Ikan pari merupakan ikan hias yang memiliki nilai bisnis yang tinggi, Ikan yang di kenal mempunyai kemampuan menyengat ini ternyata sangat banyak di minati oleh para pecinta ikan hias.

Dan juga tidak hanya sebagai pengisi aquarium sebagai hiasan, namun juga beberapa spesies ikan ini dapat di jadikan santapan kuliner yang lezat.

Beberapa restoran terkenal di indonesia pun bahkan menjadikan menu sajian spesial bagi pelangganya.

Permintaan impor dari ikan air tawar ini juga sangat pesat, dari permintaan sebagai ikan hias maupun sebagai santapan kuliner.

Kesimpulan

Nah bagi kamu yang tertarik dengan ikan ini, hal-hal di atas bisa kamu jadikan sebagai langkah awal kamu untuk menjadi pelaku bisnis atau bahkan pemasok terbesar ikan pari dari indonesia.

Silahkan baca artikel-artikel lain yang bersangkutan dengan cara budidaya di jawatani.

“JawaTani Media”

Tinggalkan Balasan