cara budidaya ikan patin
Budidaya Ikan

Cara Budidaya Ikan Patin Sampai Panen

Faktor Penting Cara Budidaya Ikan Patin agar Cepat Besar. Sekarang ini sudah banyak orang yang memilih untuk berwirausaha dan juga memiliki usaha sendiri.

Hal tersebut biasanya dilakukan dengan berbagai alasan terutama untuk bisa mendapatkan pendapatan yang lebih besar.

Namun tentunya ada satu faktor penting dalam berwirausaha ini yaitu menjatuhkan pilihan pada usaha yang tepat dan juga sesuai dengan kebutuhan pasar.

Dari sekian banyak pilihan usaha maka budidaya ikan patin sedang menjadi favorit banyak orang sekarang ini.

Hal tersebut tidak lepas karena kebutuhan akan ikan patin yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun seperti yang diketahui bahwa melakukan budidaya jenis ikan ini memang bukan perkara mudah.

Berikut ada faktor penting dalam membudidayakannya sekaligus membuatnya cepat besar seperti berikut :

Perhatikan Lokasi Budidaya Ikan Patinnya

Faktor penting pertama yang mesti Anda perhatikan terlebih dulu adalah lokasi budidaya dari ikan patin sendiri.

Meskipun terkesan sepele pada kenyataannya, lokasi budidaya ini adalah faktor paling krusial bagi Anda yang memang tertarik untuk menekuni usaha ini.

Bukan tanpa alasan karena lokasi budidaya ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan dari budidaya ikan patin itu sendiri.

Tentunya ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan ketika ingin menentukan lokasi dari budidaya ikan patin ini.

Hal yang harus diperhatikan itu sendiri mulai dari sumber air, kualitas air yang dimiliki hinga kualitas tanahnya sendiri.

Untuk sumber airnya maka sangat disarankan untuk memilih sungai maupun air sumur yang lokasinya berdekatan dengan lokasi budidaya tersebut.

Supaya kualitas dari airnya selalu terjaga dan membuat proses budidaya ikan patin tersebut tidak mengalami kendala.

Hal berikutnya yang mesti diperhatikan adalah kualitas air yang dimiliki oleh sumber air tersebut. Soalnya salah satu cara budidaya ikan patin agar cepat besar dan juga berhasil mesti memperhatikan kualitas airnya.

Pastikan bahwa airnya yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan juga terbebas dari jamur.

Hal ini berguna untuk membuat ikan patin bisa hidup lebih bebas dalam berkembang biak nantinya.

Penyediaan Benih Ikan Patin yang Tepat

Benih ikan patin tentunya adalah hal yang sangat krusial bagi Anda yang memang berniat untuk menekuni bidang usaha ini.

Bukan tanpa alasan karena nantinya benih ikan ini akan sangat menentukan dari kualitas ikan patin.

Untuk benih ikan patin ini bisa didapatkan dengan berbagai cara. Cara pertama yang bisa didapatkan adalah dengan cara pengawinan antara ikan patin berjenenis kelamin jantan dengan ikan patin berjenis kelamin betina.

Walau tentunya apabila Anda ingin menggunakan cara satu ini maka tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar guna mendapatkan benihnya.

Namun bagi Anda yang tergolong masih pemula dan baru mau membuka bisnis ini maka proses mengawinkan ini tentunya mustahil untuk dilakukan.

Untuk itulah, Anda bisa memulainya dengan membeli benih ikan patin langsung pada pihak yang menyediakan. Hanya saja pastikan bahwa benih ikan patin tersebut berkualitas dan juga sesuai dengan kebutuhan.

Soalnya salah satu syarat cara budidaya ikan patin agar sempurna adalah memiliki benih yang berkualitas juga.

Untuk mendapatkan benih yang berkualitas ini maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk meminta rekomendasi dari mereka yang sudah membuka usaha ikan patin ini.

Soalnya pasti mereka sudah lebih berpengalaman dalam hal ini dan juga lebih mengetahui mana pihak yang menjual benih ikan patin berkualitas dan mana yang tidak.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tembok

Perhatikan Model Kolam untuk Ikan Patin

Sebagai tempat ikan patin untuk tumbuh dan juga berkembang biak maka penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan model kolam ikannya.

Soalnya model kolam ikan patin ini ternyata terbagi dalam dua jenis yang berbeda. Tentunya dua jenis tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari usaha Anda sendiri.

Jenis model kolam yang pertama adalah model keramba yang dikenal karena pembuatannya yang terbuat dari kayu.

Bisa dibilang, model kolam yang satu ini adalah model kolam tradisional untuk ikan patin dan masih digunakan oleh banyak orang hingga sekarang ini.

Sedangkan untuk model kolam yang kedua adalah model finance yang menggunakan pagar sebagai pembatas untuk ikan patin tersebut.

Biasanya ukuran untuk fence ini sendiri adalah 12m x 5m dengan satuan tiap unitnya. Model kolam finance ini sendiri termasuk ke dalam cara budidaya ikan patin yang mesti Anda ketahui.

Apabila Anda memang menjatuhkan pilihan pada model kolam finance ini maka persiapkan setidaknya 500 bibit ikan patin untuk dimasukan.

Soalnya jumlah bibit tersebutlah yang dianggap paling sesuai dengan model kolam ikan yang satu ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebaiknya bibit yang dipilih memang sudah terjamin kualitasnya terlebih dulu.

Pemberian Pakan yang Sesuai
Apabila Anda memang berniat untuk membuat ikan patin tersebut mengalami perubahan yang besar dan juga cepat maka memperhatikan pakannya adalah hal yang mutlak.

Soalnya pakan ini akan sangat mempengaruhi perkembangan dan juga bobot dari ikan patin itu sendiri. Dari sekian banyak pilihan pakan maka pemberian pelet adalah yang paling dianjurkan.

Soalnya pelet ini dianggap cocok dengan kriteria dan juga kebutuhan dari ikan patin ini. Tentunya untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda juga mesti memilih pelet kualitas terbaik.

Pemberian pakan Dalam Proses Budidaya Ikan Patin

Agar pertumbuhan ikan patin cepat besar, juga mesti memperhatikan kebutuhan pakan yang sesuai dan ketelatenan dalam proses budidaya patin

Arti kata lain, semua ikan patin tidak bisa diberikan intensitas dan juga jumlah pelet sama besarnya.

Pemberian jumlah pelet ini sangat ditentukan dari bobot dari ikan dan juga lama usianya di dalam kolam.

Kombinasi tersebutlah yang nantinya bisa dijadikan penentuan Anda dalam memberikan jumlah pakan yang tepat.

Ada baiknya untuk mengetahui atau mencatat terlebih dulu bobot dan juga usia dari bibit ikan patin sebelum dimasukan ke dalam kolam.

Hal ini berguna untuk membuat Anda mengetahui detail dari ikan patin tersebut. Sesuatu yang akan menjadi patokan ketika Anda ingin memberikan pakan atau pelet dalam jumlah yang tepat.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Cara budidaya ikan patin agar tumbuh besar yang terakhir adalah dengan memperhatikan pengendalian hama dan penyakit.

Bukan tanpa alasan karena hama dan penyakit ini adalah salah satu penghalang terbesar dari usaha ini untuk bisa sukses. Soalnya banyak terjadi kasus ikan patin yang tidak tumbuh sempurna bahkan juga mati karena hama dan penyakit ini.

Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk melakukan pengendalian hama dan penyakit apabila serius menekuni bidang ini.

Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan juga selalu mengecek kualitas air di dalam kolam.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara budidaya ikan patin agar tumbuh besar.

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk melakukan hal tersebut memang bukanlah perkara yang mudah tapi bukan berarti tidak mungkin untuk bisa dilakukan.

Tentunya ketekunan dan kedisiplinan adalah hal mutlak yang dibutuhkan.

Jawatani

Tinggalkan Balasan