Cara Budidaya Cabe Di Polybag

Budidaya Cabe Di Polybag – Harga cabe yang tidak stabil yang di sebabkan kurangnya pasokan di pasar-pasar pada daerah tertentu, di mana hal ini dapat menjadi masalah tersendiri bagi kita yang terkadang sulit untuk berhemat. Di mana cabe sendiri sudah menjadi bahan pokon dapur oleh setiap rumah tangga mayoritas di indonesia.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini jawatani ingin berbagi sedikit tips tentang budidaya cabe sendiri menggunakan polybag dalam skala kecil. Budidaya cabe snediri tidakalah terlalu rumit untuk di lakukan oleh setiap orang.

Karena tanaman cabe termasuk dalam golongan yang mudah di budidayakan.

Cara Budidaya Cabe Di Media Polyabag

Berikut ini beerapa tahap yang perlu di lakukan dalam proses budidaya cabe di polybag skala kecil maupun besar :

Pemilihan Benih

Tanaman cabe sendiri ada beberapa macam jenis yang bisa kita budidayakan, misalnya seperti cabe rawit, cabe golongan besar atau cabe panjang. Yang di mana benih cabe dari beberapa jenis cabe tersebut bisa kita dapatkan di toko-toko pertanian terdekat ataupun dari toko online yang sekarang sudah banyak menjualnya.

Anda juga bisa memebuat benih cabe sendiri menggunakan cabe yang anda beli di pasaran, caranya pilih lah cabe yang berwarna merah, lalu kelupas biji-bijinya untuk di jadikan sebagai benih.

Jika benih yang akan anda gunakan merupakan benih yang akan anda beli, usahakan pilihlah benih-benih unggul yang tentunya agar dapat menjamin pertumbuhan dan hasil yang melimpah.

Baca Juga : Cara Menanam Cabai

Penyemaian Benih

Penyemaian benih di lakukan dengan cara menyiap kan media semai berupa petakan tanah tanah yang telah di cangkul dan di gemburkan dengan lebar kira-kira 1,5m x 1,5m (tergantung banyak benih yang akan di semai).

Atau anda juga bisa menyemai benih mengunnakan media polybag kecil seukuran gelas aqua sebagai media semai, jika menggunakan media semai berupa gelas aqua sebaiknya beri lubang2 kecil terlebih dahulu untuk keluarnya air ketika melakukan penyiraman nanti.

Jangan lupa menggunakan pupuk dasar seperti pukpuk kandang ataupun pupuk kompos secukupnya, lalu lakukan penyiraman setiap harinya di pagi hari atau sore hari secara terus menerus sampai bibit siap untuk di pindahkan ke media polybag. Bibit siap di pindahkan setelah 3-4 minggu lamanya.

Penyemaian bertujuan untuk menyeleksi benih-benih yang subur dan tidak cacat agar dapat tumbuh dengan baik setelah di lakukannya pemindahan ke media polybag dalam rangka pembesaran. Untuk artikel lebih lengkapa tentang cara semai cabe silahkan baca di sini “Cara Menyemai Bibit Cabe

 

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang akan di gunakan adalah polybag ynag berukuran 30 cm atau sekiranya 6-7 kg dengan muatan tanah, isi polybag dengan tanah dan pupuk kandanga ataupun pupuk kompos sebagai pupuk dasar dengan perbandingan 2:1. Jika menggunakan pupuk kandang sebaiknya gunakan pupuk yang bebar-benar sudah matang atau yang sudah sedikit kering.

Selain polybag ada beberapa macam media sejenis polybag yang bisa di gunakan sebagai tempat pembesaran, misalnya seperti ember bekas, pot plastik, dan ember cat. Beri lubang pada dasar media tanam untuk saluran keluar masuknya air saat di lakukanya penyiraman.

Baca Juga : Jarak Tanam Cabe Rawit

Pemindahan Bibit Cabe

Pemindahan di lakukan setelah berumur 3-4 minggu, atau sekiranya bibit sudah berdaun 5-6 helai daun, dengan ciri- ciri batang sudah cukup kokoh dan tidak mudah patah Pemindahan di lakukan pada sore hari atau pagi hari untuk menghindari stress pada tanaman karena terik sinar matahari.

Lakukan pemindahan secara perlahan jangan sampai merusak batang dan perakaran, sebelumnya siap kan dulu terlebih dahulu lubang pada media pembesaran dengan ukuran 5-7 cm kedalaman. Jika persemaian yang di gunakan dengan polybag atau daun pisang lakukan sedikan sobekan pada media persemaian lalu masukkan seluruh media persemaian langsung pada lubang tanam.

Namun jika persemaian tanpa media yang hanya di lakukan petakan tanah atau tabur benih saja, cabut secara perlahan dan jangan sampai perakaran pada bibit putus atau rusak, masukkan lang ke lubang tanam pada media pembesaran polybag.

Jika perlu setelah pemindahan hindari terlebih dahulu tanaman cabe yang sudah di pindah dari terik matahari secara langsung, atau beri penutup seperti pelepah pisang yang di potong agar tanaman yang baru di pindah tidak terlalu kepanasan. Jangan lupa lakukan penyiraman setelah pemindahan.

Pemeliharaan dan perawatan

  • Pemupukan, di berikan setiap 7 hari sekali dengan takaran satu sendok pupuk NPK yang di aduk dengan satu gayung air dan di siramkan, atau bisa juga pupuk di letakkan langsung pada tanah dengan sedikit di pendam pada permukaan. Selain pupuk NPK bisa menggunakan menggunakan pupuk organik cair dengan cara di semprotkan. Selain itu pupuk kompos atau pupuk kandang juga dapat di gunakan sebagai gantinya.
  • Penyiraman, di lakukan setiap hari jika pada musim panas ataupun media tanah terlihat kering, Setidaknya 2 atau 3 hari sekali penyirmana di lakukan.
  • Pengajiran, merupakan pemasangan penyangga berupa sebilah kayu atau bambu yang berukuran kecil pada saaat tanaman cabe sudah terlihat tinggi ataupun ketika sudah rentan goyah. Namun pengajiran bisa di lakukan lebih awal pada saat cabe sudah mulai di tanam pada media pembesaran dan kemudian di ikat dengan tali jika batang sudah terlihat koko.
  • Perompesan, tunas-tunas muda yang tumbuh di ketiak daun sebaiknya dihilangkan (dirompes). Perompesan dimulai pada hari ke-20 setelah tanam, perompesan biasanya dilakukan tiga kali hingga terbentuknya cabang. Gunanya agar tanaman tidak tumbuh kesamping ketika batang belum terlalu kuat menopang.
  • Hama dan penyakit, penggunaan pestisida sebaiknya hanya dilakukan apabila tanaman terlihat terserang hama atau sakit. Apabila terlihat ada hama putih semprot dengan pestida, bila terlihat ada bakal ulat semprot dengan insektisida secukupnya, kalau terlihat jamur gunakan fungisida.

Tahap Panen Cabe Di Media Polybag

Masa panen tanaman cabe bervariasi, tergantung pada jenis atau varietas benih cabe yang di gunakan. Namun pada umumnya rata-rata tanaman cabe jika tumbuh dengan subur (Normal) cabe rawit bisa di panen setelah 2-3 bulan setelah tanam di medi pembesaran.

Jika jenis cabe besar biasanya bisa bisa di panen pada waktu 2 bulan lebih setelah tanam dari bibit.

Sekian untuk pembahasan cara menanam cabe di polybag , silahkan berkomentar bila ada yang ingin di tanyakan atau ingin di sampaikan.

Tinggalkan Balasan