budidaya ikan pari

Budidaya Ikan Pari – Ikan pari air tawar adalah kelompok ikan yang beragam yang semakin umum di toko hewan peliharaan khusus saat ini.

Mereka adalah karnivora kepribadian dengan selera yang mengesankan dan banyak kebiasaan yang membuat mereka tetap menjadi tantangan.

Itu sebabnya saya akan menguraikan prihal lainya dan jenis Ikan Pari Air Tawar dan kebutuhan perawatan mereka di bawah ini!

Ikan Pari Air Tawar

Ikan pari air tawar adalah beberapa ikan akuarium paling unik yang pernah Anda miliki.

Sebagai anggota superorder Batoidea, mereka adalah sinar sejati seperti sepupu laut mereka. Ini juga membuat mereka kerabat dekat hiu dan ikan hiu.

Hiu, ikan pari, dan ikan hiu memiliki beberapa fitur yang sama, termasuk kerangka fleksibel yang terbuat dari tulang rawan daripada tulang.

Mereka juga memiliki ribuan Ampullae of Lorenzini, pori-pori elektrosensitif yang membantu mereka mendeteksi medan listrik yang diberikan semua hewan. Ini memungkinkan mereka untuk merasakan mangsa yang terkubur dan berburu dalam kegelapan total.

Ikan pari air tawar ditemukan di daerah tropis di seluruh dunia dan tersedia dalam berbagai ukuran dan pola.

Tidak ada spesies ikan pari air tawar yang benar-benar kecil; bahkan Stingray Atlantik mencapai diameter kaki yang terhormat. Semua membutuhkan akuarium besar dengan filtrasi yang luas, lebih suka substrat pasir halus, dan makanan kaya protein.

Mereka juga merupakan ikan kepribadian yang merespons pemberian makan tangan dan bahkan senang disentuh. Namun sengat beracun mereka adalah masalah nyata dan tidak boleh diabaikan.

Saya secara khusus membahas penanganan Ikan Pari Air Tawar dan duri berbisa mereka di bawah ini.


budidaya iakan pari…..

Jenis Spesies Ikan Pari Air Tawar yang Umum

Ada puluhan spesies Stingray Air Tawar yang tersedia dalam perdagangan hewan peliharaan, tetapi hanya beberapa yang umum terlihat di toko akuarium khusus :

silahkan Baca artikel berikut : 5 Jenis Ikan Pari Air Tawar


budidaya iakan pari….

Budidaya Ikan Pari Air Tawar

Ikan pari di akuarium

Ikan pari air tawar mencolok, cerdas, dan bermanfaat untuk dijaga! Namun, sebagai ikan akuarium besar dan mahal, Ikan Pari Air Tawar juga menawarkan beberapa tantangan yang perlu dipertimbangkan dengan cermat:


budidaya ikan pari….

Memilih Ikan Pari Air Tawar Untuk Budidaya

Ikan pari air tawar sensitif dibandingkan dengan ikan akuarium lainnya. Memilih spesimen yang sehat akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah.

Hindari Stingrays dengan luka terbuka atau luka karena mereka akan sembuh dengan buruk jika Stingray ditekankan atau kualitas air bahkan sedikit turun.

Minta untuk mengamati Stingray saat menyusui. Ikan pari air tawar yang sehat adalah ravenous dan harus menunjukkan respons yang baik untuk item mangsa daging.

Kurang nafsu makan adalah pertanda buruk kecuali Stingray baru saja tiba.

Ikan pari air tawar “Curl Kematian” adalah sesuatu yang harus dihindari dengan cara apa pun. Tepi luar Stingray akan terus melengkung ke atas daripada berbaring rata di atas media.

Sementara penyebabnya tidak diketahui secara pasti, cedera sistem saraf yang disebabkan dalam perjalanan adalah suatu kemungkinan, seperti halnya Death Curl sebagai reaksi umum terhadap stres berat.

Jangan pernah membeli Stingray Curling Freshwater. Perhatikan bahwa disk secara alami bergetar ketika Stingray berenang; Death Curl adalah kelengkungan disk semi permanen yang terlihat.

Terakhir, Anda harus memeriksa kotorannya! Ikan pari air tawar adalah predator invertebrata dan sering ditangkap secara liar yang berarti mereka dapat membawa banyak parasit internal.

Selama transportasi, parasit ini menggerogoti ketahanannya dan dapat menyebabkan stres yang hebat. Kotoran berserat atau pucat adalah tanda beban parasit internal yang berat yang perlu penanganan.

Kotoran yang kuat, gelap, keriting adalah indikator kesehatan yang baik dan selera makan yang tinggi.


budidaya iaka pari….

Ukuran Akuarium

Ukuran tangki sedikit menjadi masalah dengan ikan pari air tawar karena kebiasaan mereka yang tidak biasa. Mereka adalah ikan lebar yang sangat aktif tetapi sering tingkat bawah akuarium. Karena itu, ketinggian jauh lebih penting daripada luas lantai.

Akuarium dan kolam khusus yang sangat luas membuat penutup terbaik. 125 galon tank (dimensi 72½ x 18½ x 23⅜) adalah jumlah minimum untuk spesies Potamotrygon muda serta spesies yang lebih kecil seperti Ikan Pari Atlantik.

Untuk dewasa Potamotrygon Freshwater Stingrays, 200 galon adalah jumlah minimum dengan yang lebih besar selalu lebih baik.

Volume akuarium yang tinggi juga penting karena jumlah amonia dan feses yang dihasilkan oleh ikan pari air tawar yang berlebihan serta sensitivitasnya terhadap kondisi air.


budidaya ikan pari….

Masalah Substrat dan Ikan Pari Air Tawar Lainnya

Dua opsi paling populer adalah menawarkan substrat pasir halus bebas silika dan akuarium bawah.

Akuarium pasir tidak hanya lebih menyenangkan secara estetika tetapi memungkinkan ikan pari ikan air tawar untuk melatih insting alami mereka untuk mengubur, menggali, dan berburu makanan.

Seringkali mereka akan menutupi diri mereka di pasir sampai hanya mata mereka yang terbuka. Bahkan ketika dikuburkan mereka terus bernafas dengan normal berkat roh-roh di belakang mata mereka.

Akuarium bawah telanjang lebih mudah dibersihkan dan membuat mencari makanan lebih mudah bagi Stingray. Namun, mereka menawarkan sedikit di jalan stimulus.

Ikan pari air tawar tidak bisa memegang kaca seperti pasir dan terus-menerus terbuka apakah mereka mau atau tidak. Dan menurut pendapat pribadi saya, akuariumnya hampir tidak menyenangkan secara estetika!

Dekorasi lain seperti tanaman, batu, dan kayu apung harus dipilih dengan hati-hati. Batuan tajam dan kayu apung dapat melukai cakram mereka dan harus dihindari. Dekorasi ini juga mengambil real estat bawah berharga dari Stingray Air Tawar Anda.

Tanaman pasti akan dicabut saat mereka menggali dan berakar terus-menerus. Namun, tanaman yang dapat menempel pada kayu apung dan batu seperti Java Ferns dan Anubias adalah pilihan bagus untuk tangki ikan pari Anda.

Setiap pemanas akuarium dalam tangki Ikan Pari Air Tawar harus ditutup oleh Penjaga Pemanas.

Dengan luas permukaan tubuh yang besar dan kecenderungan mengembara, ikan pari air tawar dapat dengan mudah dibakar menyapu pemanas akuarium. Pemanas apa pun yang cukup besar untuk tangki ikan pari akan terasa panas bila disentuh.


budidaya ikan pari….

Kondisi air

Kualitas air adalah alasan utama menjaga ikan pari air tawar adalah sebuah tantangan. Mereka bukan hanya karnivora besar, yang berarti mereka menciptakan banyak limbah kaya protein, tetapi mereka memiliki biologi yang tidak biasa. Mereka mempertahankan biokimia ikan air asin, disesuaikan dengan lingkungan air tawar.

Untuk menyeimbangkan kimia internal mereka, mereka membuat jumlah urin yang berlebihan, termasuk amonia.

Kotoran mereka juga longgar dan ketika terganggu, berantakan dan hanyut langsung ke kolom air.

Sebagai tambahan, Ikan Pari Air Tawar juga sangat sensitif terhadap amonia, nitrit, dan nitrat. Dua yang pertama harus pada 0ppm dan nitrat pada batas atas 10ppm.

Perubahan air parsial mingguan sangat penting karena filter tabung tugas berat menjaga siklus nitrogen Anda tetap terkendali.

Sementara jumlahnya tergantung pada ukuran ikan pari dan akuarium Anda, perubahan mingguan 50% tidak biasa.

  • Suhu: 75-82F
  • pH: 6.0-7.0
  • Salinitas: bervariasi antar spesies; dari 0% hingga mentolerir kondisi payau. Beberapa spesies mendapat manfaat dari garam sementara yang lain tidak bisa mentolerirnya.
  • Amonia / Nitrit / Nitrat: 0ppm

    budidaya ikan pari….

Pasangan Ikan Pari Ikan Air Tawar

Ikan pari adalah oportunis dan akan mengambil ikan kecil di malam hari ketika mereka tidur.

Sementara karnivora, ikan pari air tawar damai dan mudah diintimidasi oleh Cichlids besar, banyak ikan lele predator, dan pasangan tangki riuh lainnya.

Plecostomus harus dihindari; mereka kadang-kadang akan menempel pada Stingrays dari atas dan mengeluarkan lendir dari tubuh mereka, yang membuat mereka stres dan memicu infeksi.

Sahabat yang ideal adalah ikan yang akan mengabaikan ikan pari tetapi tidak bisa dimakan, termasuk:

  • Dolar Perak
  • Pacu
  • Cichlids Komunitas seperti Angelfish dan Severums
  • Gurami Besar
  • Knifefish
  • Arowanas
  • Kertas timah bar

budidaya ikan pari…..

Memberi Makan Ikan Pari Air Tawar Anda

Beberapa persembahan harian berisi barang-barang berdaging, baik yang hidup maupun yang mati, akan diterima dengan gembira.

Irisan ikan putih seperti nila, lele, dan gurame tidak mahal dan mudah didapat segar atau dicairkan. Udang mentah, kerang, remis, cacing hitam, dan kubus kecil yang dicairkan seperti tubifex dan cacing darah lebih baik dalam jangka panjang karena Ikan Pari Air Tawar lebih suka mengonsumsi invertebrata! Bahkan invertebrata darat seperti cacing kremi, kriket, atau kumbang akan dimakan dengan senang hati.

Biarkan kepala, sisik, dan cangkang utuh pada udang, udang karang kecil, serangga, dan ikan kecil juga. Ikan pari adalah salah satu dari sedikit vertebrata selain mamalia yang dapat mengunyah makanannya secara efektif.

Sementara mereka mengunyah secara berantakan, mereka bahkan mendapatkan lebih banyak nutrisi dari memakan seluruh organisme – kerang, organ, dan semuanya!

Sementara semua akan menerima berbagai macam penawaran karnivora, lihatlah ke dalam kekhasan ikan pari air tawar pribadi Anda.

Beberapa di antaranya, seperti Stingray Sungai Xingu, biasanya mengonsumsi moluska dan krustasea bercangkang keras, dan kadang-kadang menghargai hidangan renyah.

Sementara oportunistik, Ikan Pari Air Tawar tidak sering mengkonsumsi ikan di alam.

Banyak aquarists memberi makan sinar mereka sendiri atau menggunakan penjepit makan jika ikan pari berjuang untuk mendapatkan bagian yang adil dalam tangki komunitas.


Berurusan dengan Barbs Ikan Pari Air Tawar

Seperti yang Anda ketahui, Ikan Pari Air Tawar mendapatkan nama mereka dari duri berbisa yang membentang di sepanjang ekor.

Racun ikan pari air tawar sangat menyakitkan dan lebih kuat daripada sepupu laut mereka karena memiliki lebih banyak sel yang mensekresi racun sepanjang batang yang membuat lendir beracun.

Ikan pari air tawar muda memiliki koktail peptida yang menyebabkan sakit sementara ikan pari dewasa menggunakan protein yang menyebabkan peradangan dan kematian jaringan.

Spesies, makanan, dan kimia air juga dapat memengaruhi kualitas racun Ikan Pari dengan cara yang tidak terduga.

Meskipun racunnya adalah kardiotoksik, sebagian besar cedera terjadi di sepanjang ekstremitas sehingga tidak mengancam jiwa.

Jika disengat, para korban harus merendam daerah yang terkena dampak dalam air sepanas mereka dapat berdiri saat panas mendemonstrasikan racun ikan pari air tawar. Anda harus mencari bantuan darurat; sementara antivenom tidak mungkin dan luka itu sendiri jarang serius, nekrosis adalah efek samping yang mungkin dan sangat berbahaya dari disengat.

Sub

Jika duri patah dalam daging Anda, Anda harus mengunjungi dokter.

Seperti yang Anda ketahui, mantan legenda Steve Irwin meninggal setelah duri Stingray dilepas di lapangan. Meskipun Anda mungkin tidak akan tersengat di hati, duri Stingray bergerigi sedemikian rupa sehingga mereka merobek daging ketika dikeluarkan dengan sembarangan.

Mereka juga cukup tajam untuk masuk ke tulang jika didorong dengan kekuatan yang cukup.

Memotong duri Stingray Freshwater adalah topik yang diperdebatkan di antara penjaga Stingray.

Di satu sisi, Stingrays hanya menggunakan duri mereka secara defensif dan hanya dari dekat. Secara umum, Anda perlu mengambil atau memprovokasi Stingray untuk menyerang dengan ekornya.

Mereka tidak menyerang seperti pemain anggar dan adalah hewan cerdas yang mengenali penangan mereka.

Tanduk ikan pari ikan air tawar juga tumbuh kembali dalam beberapa bulan jika dipotong (atau hilang dalam daging pemangsa). Jadi pemangkasan bisa menjadi prosedur stres yang tidak perlu yang pada akhirnya tidak permanen.

Di sisi lain, tersengat bisa menjadi masalah serius.

Akuarium dengan pameran petting Stingray memotong sinar mereka tanpa efek samping yang serius untuk keselamatan semua tamu. Jika Anda membiarkan orang lain memberi makan dan berinteraksi dengan Ikan Pari Air Tawar Anda, sebaiknya simpan dulu.

Sebagai skala modifikasi, duri Stingray juga tidak membawa saraf atau pembuluh darah, sehingga pemangkasan tidak menyebabkan rasa sakit pada hewan.


budidaya ikan pari….

Membiakkan Ikan Pari Air Tawar

Pemuliaan ikan pari air tawar sangat menarik karena ikan ini benar-benar seperti beberapa ikan lainnya di planet ini. Biologi mereka aneh; dalam beberapa hal mereka sangat mirip mamalia dan dalam cara lain sama sekali asing.

Baca Juga : Ikan Pari Berkembang Biak Dengan Cara?

Stingrays Freshing Freshing

Sebagai permulaan, berhubungan seks dengan Stingrays Freshwater (serta semua hiu dan pari) mudah dilakukan.

Ikan pari air tawar jantan memiliki sirip dubur khusus kembar yang disebut clasper yang digunakan untuk membuahi betina secara internal seperti cara yang dilakukan mamalia.

Ikan pari jantan memiliki warna yang identik tetapi biasanya lebih kecil dari betina pada usia yang sama.

Ikan pari air tawar betina lebih besar dan tidak memiliki clasper.

Mereka memiliki kulit yang lebih tebal untuk menangkal kebiasaan menggigit pasangan yang tertarik serta saluran telur kembar yang berkembang menjadi rahim ketika diresapi.

Sekali lagi seperti mamalia, Ikan Pari Air Tawar bersifat vivipar; mereka melahirkan hidup, berenang bebas muda daripada bertelur.

Sementara di dalam ibu, bayi pari diberi nutrisi oleh cairan rahim yang disebut histotrophe yang pada dasarnya adalah susu untuk anak-anak mereka!

Mengkondisikan Ikan Pari Air Tawar Anda

Hanya waktu, ruang, dan makanan yang cukup yang dibutuhkan.

Pemuliaan ikan pari air tawar tidak terlalu sulit; rintangan utama adalah ruang, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kematangan seksual, dan biaya setiap orang dewasa.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Ikan Pari Air Tawar memiliki metabolisme yang cepat dan selera makan yang luar biasa. Wanita hamil membutuhkan lebih banyak makanan dan bahkan akan menyerap kembali anak muda jika tingkat makanan menurun.

Kehamilan ikan pari berlangsung sekitar 3 bulan sehingga Anda harus terus menyusui dan tentu saja, mengawasi kualitas air.

Spesifik tentang pemuliaan sulit diperoleh karena persyaratan ruang, kelangkaan relatif, dan perbedaan antara spesies.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tembok

Sub

Sebagai aturan umum, ikan pari air tawar mencapai kematangan seksual sekitar 18 bulan hingga 2 tahun.

Laki-laki dewasa secara seksual memiliki clasper yang tampak lebih tebal; ini tidak tergantung dari ukuran tubuh. Pemicu hormonal dari wanita di dekatnya sering menyebabkan pria “matang” ketika dimasukkan ke dalam tangki mereka.

Perubahan air yang melimpah dan sering dikombinasikan dengan makanan yang konstan dan ikan pari yang dewasa secara seksual menandakan bahwa sudah waktunya untuk bereproduksi.

Begitu mereka mulai, ikan pari air tawar betina dapat membesarkan dan menghasilkan anak muda hampir terus-menerus. Dalam waktu 10 hari setelah melahirkan, anak-anaknya betina dapat menerima jantan untuk kehamilan baru! Peternak pertama kali mungkin hanya memiliki 1 atau 2 anak anjing dengan jumlah yang meningkat dari waktu ke waktu.

Jantan akan menggigit tepi cakram betina untuk mendorong mereka menerima.

Setelah siap, jantan akan menggigit dan bertahan sambil bermanuver untuk menghamili salah satu rahimnya dengan satu clasper, perut ke perut. Kopulasi berlangsung kurang dari 30 detik sebelum dia melepaskannya.

Sulit untuk menentukan apakah wanita tersebut hamil. Mengamati laki-laki adalah satu cara; mereka sebagian besar akan berhenti melecehkannya karena mereka dapat mendeteksi melalui pemicu hormonal bahwa dia tidak lagi tersedia.

Nafsu makannya juga akan meningkat secara drastis, meskipun ikan pari air tawar selalu rakus.

Ketika anak muda berkembang mereka pada akhirnya akan membengkak tubuh bagian belakangnya dan bahkan mungkin menunjukkan sedikit gerakan melalui kulitnya pada tahap akhir.

Perawatan Untuk Ikan Pari Air Tawar Yang Baru Lahir

Ikan pari air tawar muda lahir setelah masa 3 bulan, biasanya larut malam hingga sangat pagi untuk menghindari ditemukannya pemangsa.

Betina akan berenang di tengah air dan melepaskan yang muda ke dunia.

Baby Freshwater Stingrays harus dipindahkan ke akuarium atau kolam terpisah yang luas untuk pematangan karena orang dewasa yang sudah dewasa dapat mengkonsumsinya.

Setiap Stingray Air Tawar muda akan memiliki sekitar 4 inci dan memiliki karung kuning telur yang memberi mereka 3 sampai 4 hari nutrisi.

Makanan hidup dan segar harus segera ditawarkan. Udang hantu hidup, cacing hitam, dan cacing tanah kecil akan cepat dikonsumsi. Anda akhirnya dapat mengubahnya menjadi makanan yang dicairkan dan segar seperti potongan udang dan ikan!

Ikan pari air tawar muda cenderung menunjukkan fitur dari kedua orang tuanya.

Jika seorang lelaki gelap dan perempuan pucat disatukan, anak-anak akan berada di antara keduanya. Ini membuat ikan pari hibrida yang keluar dari Asia sangat menarik, dengan pola garis-garis dan bintik-bintik yang tidak terlihat dalam versi standar. sumber : https://www.buildyouraquarium.com/freshwater-stingray/

About the author

Pak Sapto

Tinggalkan Balasan