Cara Budidaya Ikan Mas – Bisnis dengan budidaya Ikan Mas bisa menjadi sarana hiburan sekaligus peluang usaha yang menjanjikan. Mengingat komoditas ini punya nilai jual yang bagus dan permintaan pasar selalu tinggi.

Selain untuk memenuhi permintaan wilayah domestik, Anda juga bisa menyasar pasar ekspor yang tinggi.

Saat ini sekitar 70 persen ikan mas di pasar luar negeri dipasok dari Cina dan Jepang.

Padahal negara-negara tersebut memiliki iklim dingin dan butuh penghangat air yang biayanya tidak murah.

Belum lagi ketersediaan pakan alami yang melimpah di Indonesia akan memudahkan usaha budidaya Anda.

Cara budidaya ikan Mas di Indonesia jauh lebih mudah dibanding dua negara tersebut, Oleh karenanya, Anda bisa belajar membudidayakan ikan mas mulai sekarang.

Berikut akan dikupas tuntas tentang budidaya ikan dari A sampai Z dan tips yang tepat untuk Anda.

Kenapa Budidaya Ikan Mas Menguntungkan?

Jika dilihat dari pangsa pasar, maka Anda akan mengetahui kalau budidaya ikan mas ini memiliki berbagai segi menguntungkan. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda nikmati jika memulai usaha ini.

Ikan Omnivora

Ikan Mas termasuk jenis ikan omnivora yang memakan semua jenis makanan. Ikan ini bisa tumbuh besar dengan konsumsi protein nabati yang bisa Anda peroleh dari berbagai macam sayuran atau tumbuhan di sekeliling rumah sehingga menghemat biaya pakan daripada Anda memelihara ikan yang pada dasarnya termasuk karnivora yang hanya bisa makan pakan dari pabrik.

Pangsa Pasar yang Besar

Ikan mas diminati banyak orang, baik digunakan untuk konsumsi atau sebagai ikan hias.

Banyak rumah makan yang juga menyediakan menu berbahan dasar ikan mas misal ikan mas bakar, ikan goreng, garang asem, atau gulai kepala ikan mas.

Selain itu, banyak jenis ikan mas yang digunakan sebagai ikan mas misal ikan mas koi, ikan mas koki, kumpai, fancy, dan masih banyak lainnya.

Mudah Dibudidayakan

Ikan Mas ini bisa dipijahkan secara alami tanpa bantuan manusia. Hal ini membuat semakin mudah dibudidayakan karena kita tidak memerlukan kemampuan khusus untuk mengembangbiakkan ikan ini.

Ikan ini punya kemampuan adaptasi yang tinggi sehingga bisa hidup di berbagai lingkungan seperti keramba, kolam semen, kolam tanah, dan lain-lain.

Ikan Mas juga merupakan ikan air tawar yang bisa membesar hingga 25 kg dalam waktu cepat. Sedangkan ukuran konsumsi biasanya ikan ini dipanen saat beratnya 300-400 gram/ekor.

Ukuran ini bisa diperoleh dalam waktu singkat setelah Anda melakukan cara budidaya ikan mas 6-8 bulan setelah tebar benih.

Harga Jual yang Tinggi

Harga jual ikan mas di pasaran bisa mencapai tiga puluh hingga lima puluh ribu rupiah karena jenis ini merupakan ikan premium untuk konsumsi.

Selain keperluan konsumsi, ikan mas hias juga punya harga tinggi dengan permintaan yang tinggi juga. Bahkan permintaan tidak mengenal musim.

Jenis ikan mas hias juga sangat banyak, misal ikan mas koki, ikan mas koi yang harganya sangat tinggi per ekornya.

Kriteria yang dinilai dari ikan ini yakni bentuk tubuh, harga cara berenangnya, dan bentuk tubuh.

Ikan mas hias bisa memiliki harga sangat tinggi karena bisa digunakan sebagai indukan dan diikutkan dalam kontes ikan hias. Kontes ini biasanya memiliki hadiah yang fantastis.

Penghilang Stres

Memelihara ikan bisa menjadi obat yang ampuh untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja, dengan melihat ikan berenang dan makan dengan lahap serta mendengar percikan air bisa memberikan ketenangan pada diri kita sehingga stres yang Anda alami bisa hilang dan membuat lebih produktif dalam bekerja serta terhindar dari beragam penyakit seperti stroke, penuaan dini dan jantung.

Jenis-Jenis Ikan Mas

Ikan Mas memiliki dua jenis fungsi, yaitu Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias.
Ikan Mas Konsumsi,
Ikan Mas Punten
Ikan Mas Putri Yogya/Sinyonya
Ikan Mas Majalaya
Ikan Mas Merah
Ikan Mas Taiwan
Ikan Mas Lokal
Ikan Mas Yamato

Dari sekian banyak Ikan Mas Konsumsi, yang dianggap paling unggul dan ekonomis terutama di daerah Jawa Barat adalah jenis Ikan Mas Majalaya, Ikan ini mulai digalakkan oleh Menteri Pertanian tahun 1999 karena dianggap paling layak dan paling menguntungkan untuk dibudidayakan karena kecepatan tumbuhnya yang lebih cepat dari jenis Ikan Mas lainnya.

Ikan Mas Hias,
Ikan Mas Koki
Ikan Mas Koi
Ikan Mas Kaca
Ikan Mas Kumpay
Ikan Mas Fancy
Ikan Mas Kancra Domas

Dari sekian banyak jenis Ikan Mas Hias, ada beberapa yang paling familiar di telinga kita yaitu salah satunya ikan koi, jenis ini dapat berumur ratusan tahun dan diketahui dapat tumbuh hingga dua meter.

Ada banyak komunitas pencinta ikan Koi dan sering mengadakan event-event kontes ikan Koi. Penilaian keindahan berdasarkan pada bentuk tubuh yang bulat memanjang seperti roket, warna, hingga cara berenangnya.

Ikan Koi juga memiliki jenis-jenis yang beragam yang penamaannya didasari oleh string warna yang terdapat pada kulitnya, diantaranya adalah Shiro, Kohaku, Gin Matsuba, Kikokuryu, dan banyak lagi.

Ikan Koi Diintroduksi dari China sebagai hadiah untuk presiden dan mulai dikembangbiakkan di Batu, Malang.

Persiapan Kolam

Berikut cara budidaya ikan mas yang dilakukan di kolam. Pertama, bersihkan kolam dari parasit, caranya dengan mengeringkankan kolam ikan agar penyakit dan parasit dapat mati akibat paparan sinar matahari selama satu hari untuk kolam semen dan 5-7 hari untuk kolam tanah.

Untuk dapat menambah makanan alami pada kolam, anda dapat mengkultur plankton dengan cara menambahkan pupuk organik atau pupuk kandang yang sudah matang sebagai makanan plankton. Anda bisa memberikan pupuk antara 1-2 ton/ha.

Setelah diberi pupuk, isi kolam dengan air setinggi 15 cm, setelah warna air berubah menjadi hijau yang mengindikasikan bahwa ganggang dan plankton sudah tumbuh, isi kolam dengan air hingga ketinggian 120 cm.

Menebar Bibit

Gunakan bibit ikan yang unggul agar resiko kegagalan dapat ditekan, agar anda memperoleh bibit unggul anda dapat membelinya di kelompok tani atau UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan atau di BPPI.

Bibit ikan yang unggul memiliki ciri-ciri yaitu pergerakannya gesit, kulitnya mulus tanpa luka atau jamur dan parasit lainnya, berasal dari indukan unggul dan bersertifikat, serta nafsu makannya baik.

Untuk melakukan penebaran, hal terpenting yang harus dilakukan dalam cara budidaya ikan mas yaitu sesuaikan jumlah bibit dengan luas kolam ikan, untuk jenis Ikan Mas Konsumsi anda harus menebarkan benih dengan kepadatan 20 ekor/meter2.

Pemberian Pakan

Anda dapat memberi pakan pada Ikan Mas anda dengan pakan pelet berprotein 25% dengan volume pemberian 3-4 % bobot ikan.

Beri makan pada pagi dan sore hari secukupnya agar tidak meninggalkan sisa makanan yang berpotensi menimbulkan penyakit dan mengurangi oksigen akibat dari proses pembusukan.

Panen Ikan Mas

Cara budidaya ikan mas yang benar yakni melakukan panen pada ukuran 300-400 gram/ekor, biasanya pada usia 6-8 bulan.

Jika ikan akan dijual maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu menyortir ukuran konsumsi yang dikehendaki pasar.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tembok

Tips Berternak Ikan Mas

Budidaya ikan lebih baik saat musim hujan. Ikan Mas dapat matang secara gonad atau siap kawin pada umur di atas satu tahun, mereka dapat kawin sepanjang tahun akan tetapi lebih sering ditemukan mereka kawin pada saat musim hujan akibat terangsang bau atau aroma tanah yang terguyur air hujan.

Telur yang sudah dibuahi akan menetas setelah 4 hari dan berubah menjadi larva, larva ini masih bergantung pada kantung makanan yang menempel di perutnya selama 2-4 hari, barulah Anda bisa memberinya makan.

Agar mendapatkan hasil terbaik, pertimbangkan untuk memberi pakan fermentasi dengan bantuan mikrobakteri lokal (MOL), anda bisa mendapatkannya di toko pertanian dengan nama EM-4 perikanan.

Cara budidaya ikan Mas memang sepertinya mudah, tapi jika salah langkah maka akan gagal di tengah jalan. Oleh karenanya, Anda harus memahami dengan benar setiap hal mengenai ikan Mas sebelum mulai budidaya. Semoga Bermanfaat….

Dan jangn lupa ikuti terus kabar terbaru dari jawatani dengan mengikuti Fanspage Jawatani

About the author

Pak Sapto