Kartu Tani Dibagikan Keribuan Petani Aceh Tamiang

Aceh Tamyang: Sebanyak 12.566 petani aktif di Aceh Tamyang, Aceh, telah mendapatkan kartu pertanian pupuk bersubsidi pada tahun 2021. Aceh Tamyang sendiri telah mendapat alokasi pupuk bersubsidi sebesar 4.731 ton.

Menteri Pertanian (Mintan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan kebijakan e-RDKK dan kartu petani bertujuan untuk memperketat penyaluran pupuk bersubsidi. Upaya ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan dan duplikasi penerima pupuk.

Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi ini, petani diwajibkan memiliki farm card yang tergabung dalam e-RDKK

“Di dalam kartu Tani ada bagian yang sesuai dengan kebutuhan petani. Besarnya bagian ini tergantung luas lahan yang dimiliki masing-masing petani. Tujuannya agar ke arah yang benar,” kata Saihrol dalam keterangan tertulisnya. . Jumat, 5 Februari 2021.

Dirjen Prasarana dan Utilitas (PSP) Kementerian Pertanian, Saroo Edhi menambahkan, data e-RDKK juga menjadi acuan penyaluran kartu pertanian yang akan digunakan untuk pembayaran pupuk bersubsidi. Melalui program ini, petani membayar pupuk bersubsidi melalui bank, sesuai dengan porsi dan harga pupuk bersubsidi.

“Distributor dan warung adalah kunci sukses penyaluran pupuk bersubsidi agar bisa menjangkau petani yang sah sesuai mekanisme yang berlaku, khususnya melalui RDKK,” kata Saroo Eddy.

Bupati Aceh Tamyang Mursel menyambut baik program ini. Terutama upaya peningkatan pelayanan pemerintah bagi petani untuk mengakses perbankan, yang merupakan salah satu syarat mendapatkan pinjaman untuk pembiayaan pertanian.

Penerbitan kartu petani, kata Marcel, merupakan bukti nyata upaya pemerintah membantu petani, sehingga meningkatkan kesejahteraan petani. Kartu petani merupakan sarana penyaluran subsidi kepada usaha produksi pertanian (input). Terutama pupuk yang diperkaya.

“Distribusi dilakukan dengan menggunakan kartu multifungsi yang diterbitkan oleh bank dan bergantung pada tabungan (deposito), dan data penerima akan tercatat di kartu tersebut,” kata Morcel.

Baca Juga  Cara Menciptakan Benih Cabe Hibrida yang Berkualitas

Ia menjelaskan, kartu petani berfungsi sebagai dompet tabungan dan dompet elektronik untuk alokasi belanja (kuota). Selain memberikan kemudahan, penggunaan kartu petani diharapkan dapat menjamin keamanan dukungan yang tepat sasaran, dan lebih terjamin karena menandakan e-RDKK dibuat sesuai NIK serta nama dan alamat pemegang kartu.

“Kartu usahatani diberikan kepada petani, bukan dalam bentuk uang tunai,” kata Morcel. “Tapi bantuan langsung berupa jatah atau alokasi pupuk bersubsidi yang bisa diperoleh petani dengan kartu tersebut.”

Ia meminta kepada Kepala Pusat Penyuluhan dan PPL agar dapat memberikan pendampingan dan pendampingan yang optimal dalam pekerjaan pembangunan pertanian, khususnya dalam penyusunan Rencana Akhir Kebutuhan Tani (RDKK).

Tentunya hal ini bertujuan untuk meningkatkan target pengguna penanaman kartu dan menyesuaikan subsidi yang diberikan sesuai anjuran RDKK.

Begitu juga untuk pimpinan, pengurus dan anggota kelompok tani, kami minta agar mereka mengaktifkan kegiatan kelompok sesuai peran dan fungsi kelompok tani, khususnya kelas pembelajaran yang menjadi sarana kerjasama di unit produksi pertanian, ”kata Marcel. .

Ia berharap kelompok tani yang ada berkembang menjadi kuat dan mandiri serta segala fasilitas, fasilitas dan pendampingan yang diberikan pemerintah menjadi pendorong yang kuat bagi kelompok tani untuk mandiri.

Check Also

Begini rahasia Agar Tanaman Cepat Berbuah dan Panen

JawaTani.com – Istilah”mempercepat” tanaman berbuah, sebenarnya merupakan salah kaprah yang sudah sangat lazim di masyarakat. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *