Cara Hasilkan Ratusan Juta dari Ternak Ayam Broiler

JawaTani.com – Pada masa seperti sekarang ini cara hasilkan ratusan juta dari ternak ayam sedang dicari. Apalagi daging ayam merupakan makanan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran jika bisnis ternak ini menjadi tujuan utama untuk mencari uang.

Ayam merupakan bahan pangan yang mudah diolah. Bahan pangan ini bisa diolah melalui proses goreng, rebus, bakar, pepes, opor hingga oven. Selain itu, daging ini juga mudah didapatkan di pasar atau toko terdekat.

Karena keunggulannya, permintaan pasar akan daging tersebut semakin meningkat dari waktu ke waktu. Banyak juga bermunculan bisnis makanan yang menggunakan daging ayam sebagai bahan baku.

Oleh sebab itu, ternak hewan ini juga semakin digemari. Usaha ternak tersebut tidak sulit untuk dilakukan. Usaha tersebut bisa dilakukan baik dalam skala kecil maupun skala besar.

Cara Hasilkan Ratusan Juta dari Ternak Ayam Broiler

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa ternak ayam merupakan usaha yang sangat menguntungkan. Hal ini didukung oleh permintaan pasar yang sangat tinggi. Selain itu, pemasaran daging ayam juga mudah dilakukan.

Ternak ayam broiler yang cepat dipanen. Untuk memasarkannya bisa ke pengepul, restoran, rumah makan, gerai fast food dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan prospek usaha ternak tersebut sangat bagus dengan masa depan cerah.

Cara hasilkan ratusan juta dari ternak ayam paling efektif adalah memanfaatkan momen yang sedang terjadi di masyarakat. Misalnya ketika menjelang hari raya idul fitri. Pada momen ini, permintaan akan daging ayam tersebut melonjak drastis.

Pada saat seperti itu, kamu harus mengoptimalkan penjualan agar bisa memperoleh keuntungan besar. Saat lebaran, masyarakat Indonesia membuat ketupat dan memasak opor ayam. Sehingga, permintaan akan daging ayam sangat tinggi.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Patin Sampai Panen

Permintaan tinggi menyebabkan harga daging merangkak naik. Hal ini karena umumnya stok yang tersedia terbatas dan tidak memenuhi permintaan yang ada. Kamu harus mengantisipasi stok sehingga bisa menjual ayam sebanyak mungkin.

Selain memanfaatkan momen, cara hasilkan ratusan juta dari ternak ayam adalah dengan mengoptimalkan pangsa pasar. Hampir setiap orang menyukai daging hewan ini. Baik yang masih anak-anak maupun yang sudah tua.

Karena kemudahan dalam mengolah daging ini, setiap orang bisa menikmatinya. Oleh sebab itu, pangsa pasar hewan tersebut sangat luas. Kamu harus dapat mengoptimalkan luasnya pangsa pasar tersebut.

Pangsa pasar meliputi rumah tangga, produsen kuliner olahan daging ayam, restoran, rumah makan, warteg hingga cafe. Selain dapat menawarkan dagingnya, kamu juga dapat melebarkan sayap bisnis dengan menawarkan bibit ayam broiler.

Panduan Berternak Ayam Broiler, Mudah dan Menguntungkan

Dalam mengawali ternak ayam, kamu memerlukan kandang. Kamu wajib membuat kandang dengan suhu 32 derajat celcius sampai 35 derajat celcius. Posisi kandang ini tidak boleh melawan arah angin.

Tidak hanya itu, ayam juga harus mendapat asupan sinar matahari setiap pagi. Kamu juga harus meletakkan kandang jauh dari permukiman penduduk. Hal ini untuk mencegah adanya polusi udara.

Selanjutnya kamu membutuhkan alas lantai. Alas tersebut wajib berada dalam kondisi kering, tidak boleh lembab apalagi hingga basah tergenang air. Alas lantai terbuat dari serutan kayu atau sekam dengan campuran pasir dan kapur.

Peralatan lain yang diperlukan adalah tempat makan dan minum. Tempat makan dan minum ini dapat dipilih dari bahan bambu atau alumunium. Syarat bahan yang digunakan adalah tidak mungkin berkarat, kuat dan anti bocor.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pemantauan pertumbuhan hewan ternak. Kamu harus memberi makan dan minum dengan takaran yang tepat. Siapkan penanganan khusus apabila ada hewan ternak yang sakit atau mati di kandang.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tembok Peluang Usaha 2021

Seperti bisnis pada umumnya, ternak hewan tersebut membutuhkan kreativitas dan keberanian tinggi untuk memulai usaha. Setiap ada kendala harus mampu diatasi. Dengan begitu, usaha ternak akan sukses.

Ternak ayam mempunyai pangsa pasar yang besar dengan permintaan tinggi. Cara hasilkan ratusan juta dari ternak ayam adalah dengan memanfaatkan momen dan pangsa pasar tersebut.

Check Also

Prospek Budidaya Kacang Tanah

Prospek Budidaya ~ Kacang tanah dengan nama latin Arachis Hypogeae L. merupakan salah satu tanaman palawija yang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *